Cara Mengganti Template

Ada beberapa alasan mengapa anda harus mengganti template dasar bawaan blogger. Pertama karena template bawaan blogger oleh beberapa kawan-kawan dianggap kurang menarik dan kurang atraktif.  Kedua karena dengan template baru ada beberapa kelebihan yang dirasa cukup memudahkan aplikasi karena banyak juga strukturnya yang simpel dan gampang editnya. Itu katanya, tapi yang jelas semua itu tergantung pada diri kita masing-masing, toh kalau hanya aplikasi bisa ditambah sendiri walau masih menggunakan template bawaan blogger.

Semua template pada dasarnya sama, namun hanya perbedaan penggunaan struktur dengan tags yang juga sedikit berbeda. Hal ini karena menyesuaikan dengan bentuk dan fungsi dari setiap bagian dari template tersebut, dan tentunya ini juga mengacu pada selera pembuatnya. Selain itu beberapa aplikasi yang sudah tertanam dalam template tidak semuanya itu berguna, bahkan ada juga beberapa aplikasi bawaan ternyata tidak seo friendly.

Berbicara tentang cara mengganti template, ada beberapa kawan-kawan blogger yang kurang memahami tujuan dari penggantian dan edit template tersebut. Hal ini karena sebagian besar kawan-kawan hanya bertujuan untuk mempercantik blog, termasuk penggunaan aksesoris yang kadang berlebihan, dan itu sangat berpengaruh pada optimalisasi blog anda di serv, yang jelas bahwa hal itu akan membuat loading page anda menjadi berat. Oleh karena itu sebelum anda mengedit template, ada baiknya tanyakan dulu tujuannya kepada diri anda sendiri. Karena bagi beberapa pengunjung ketika bertandang ke blog anda mereka mencari artikel yang sesuai dengan keinginan, selera, dan kebutuhan mereka. Saran saya jangan terlalu berlebihan untuk mempermak template anda karena bisa saja struktur dan pengaplikasiannya akan jauh berbeda setelah anda edit, walau dalam tampilannya kurang lebih sama saja dengan template bawaan, dan ini jelas akan berpengaruh pada SEO blog anda.

Pada langkah ini saya hanya menerangkan dasarnya saja dan keperluan dasar dari widget sebuah blog adalah, Navigasi (bila belum tersedia), Menu Daftar Isi, Entri Populer, Breathcrumb, Permalink, Artikel Terkait yang kesemuanya adalah untuk mendukung kemudahan pengunjung saat surfing di blog anda, sekaligus untuk menunjang optimalisasi seo pada serv. Sedangkan untuk bagian template yang perlu dimodifikasi adalah bagian meta tag, kompresi kode css, dan beberapa pengurangan dan penambahan kode pada template bawaan untuk mempercepat loading blog serta untuk mendukung seo anda. Silahkan kunjungi blogonol untuk mendapatkan cara edit template agar seo friendly, dimana artikel tersebut merupakan kelanjutan dari artikel ini. Ok sahabat semua...mari kita mulai. Ikuti langkah berukut.

Di bawah ini beberapa template yang Eeo Friendly dan Valid XHTML bila anda berkeinginan mengganti template anda.


Template Thesis Seo Juragan Style
Blogger Valid XHTML by Choen

Selanjutnya log in ke Blog anda
Klik Rancangan
Klik Edit pada Ganget Template anda (langkah ini untuk back up gadget anda)
Copy kode yang ada dalam gadget tersebut dan pastekan di wordpad atau notepad

paste to wordpad
klik gambar untuk memperbesar tampilan

Selanjutnya Klik Edit HTML
Beri tanda centang pada Expand Template Widget
Klik Download Template Lengkap

download template lengkap
klik gambar untuk memperbesar tampilan

Selanjutnya klik pilihan Save-nya dan pilih Wordpad MFC Aplication lalu klik OK. Selanjutnya Save As dan beri nama yang anda suka. Nantinya disimpan dalam bentuk word document untuk memudahkan.

download template 2
klik gambar untuk memperbesar tampilan

MFC aplication
klik gambar untuk memperbesar tampilan

save template
klik gambar untuk memperbesar tampilan

Selanjutnya langkah memasukkan kode template yang baru. Copy dulu kode template baru dan pastekan pada template blog anda. Bila anda bingung klik mouse pada kode template blog anda lalu tekan CTRL + A dan tekan CTRL + V.

kode template baru
klik gambar untuk memperbesar tampilan

Klik Pratinjau bila sudah sesuai klik Simpan Template. Bila keluar tampilan pilihan simpan atau hapus widget, pilih saja hapus widget.

hapus widget
klik gambar untuk memperbesar tampilan

Langkah selanjutnya klik Rancangan dan buang semua widget yang tidak diperlukan pada template baru anda. Sekarang silahkan anda lengkapi dulu dengan widget baru yang diperlukan, seperti Pengikut atau Follower bawaan blogger. Anda dapat memasukkan kode Entri Populer bawaan blogger atau dengan kode yang nantinya tampilannya dilengkapi dengan jumlah komentar, dan Entri Populer ini berdasarkan komentar, bukan banyaknya aktifitas pengunjung pada suatu artikel. Kalau anda tertarik silahkan klik di sini.

Demikian artikel cara mengganti templat. Bila masih kurang atau masih bingung silahkan tanyakan melalui komentar atau email. Sekarang untuk bagian mengganti template sudah selesai dan silahkan lanjut pada bagian ke dua, klik di sini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


"keep smiley blogging"

Leave a Reply

    About Me

    Category

    • (4)
    • (1)
    • (4)
    • (15)
    • (17)

    Responses